Tuesday, May 17, 2016

Bukit Kapur

Bukit Kapur Sekapuk atau di kenal dengan Gunung Kapuk ini terletak di Desa Sekapuk Kec. Ujung Pangkah Kab. Gresik. Bukit ini merupakan bagian dari gugusan pegunungan kapur utara yang terhampar luas mulai dari desa sekapuk-cangaan hingga ke kecamatan panceng. Bukit kapur sekapuk juga di jadikan sebuah tempat pertambangan batu kapur putih yang menjadi bahan dasar bangunan.





Bukit ini ternyata cukup panjang, membentang sepanjang 3 kilometer dari Desa Sekapuk hingga Desa Cangaan. Bukit ini telah dijadikan lokasi penambangan sejak tahun 1950-an. Awalnya, aktivitas penambangan itu dilakukan secara liar. Namun, kini penambangan batu kapur dikelola oleh pengusaha atau perusahaan yang telah mengantongi izin penambangan. Sedangkan sebagian warga menjadi pekerja di sana.
Selain batu bata putih untuk bahan bangunan, perusahaan tersebut juga menambang bahan pupuk, yaitu dolomit dan fosfat. Aktivitas warga menggali, menggergaji, dan memahat batu terus-menerus selama puluhan tahun itulah yang menyebabkan bukit ini terlihat unik. Ada juga yang menyebut eksotis.









0 comments:

Post a Comment

 

Back to Nature Template by Ipietoon Cute Blog Design