Sunday, March 6, 2016

World's Largest Flower Gardens

Yeah, it's time to see beautiful nature outside Indonesia. Kali ini saya akan membahas 'The largest flower gardens in the world' called Keukenhof.
Taman yang terletak di Eropa Baratlaut, tepatnya negara Belanda kota Lisse ini memiliki keindahan beragam bunga yang sangat indah. Dengan luas mencapai 32 hektar, taman bunga terluas di dunia ini memiliki kurang lebih 7juta bibit bunga yang ditanam tiap tahunnya. Keukenhof mengadakan pertunjukan lebih dari 30 jenis bunga setiap minggunya, mulai dari tulip, mawar, anggrek, daffodil, lily, dan masih banyak lagi. Di dalamnya terdapat lima paviliun berbentuk rumah kaca dimana pengunjung bisa melihat beberapa jenis bunga didalamnya. Selain itu terdapat juga kincir angin dimana pengunjung bisa melihat pemandangan keseluruhan taman dari atas. Tak jauh dari sana, terdapat perahu yang akan mengantar pengunjung mengelilingi taman dan padang bunga.


Keukenhof memiliki variasi gardens dengan tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Terbagi menjadi 2 sisi yaitu indoor dan outdoor. Exhibitions taman ini buka di spring season yaitu sekitar bulan Maret-Mei, dengan waktu terbaik untuk mengunjungi yaitu pertengahan April saat bunga tulip bermekaran.Yang menarik pada setiap tahunnya terdapat Parade Bunga sepanjang 40 km mulai dari Noordwijk sampai ke Haarlem. Sekitar 20 kendaraan besar dan 30 mobil mewah yang telah dihiasi oleh bunga-bunga dengan dekorasi-dekorasi spesial. Sejumlah marching band juga turut memeriahkan rombongan peserta Parade Bunga tersebut.Untuk dapat menikmati keindahan alam yang satu ini diperlukan biaya €16 untuk dewasa dan €8 untuk anak-anak. 




sungguh cantik, bukan? Mereka pun men-design sangat rapi dan menarik, hingga ada bagian park yang membentuk suatu pola gambar. Untuk men-design dan membuat susunan bunga yang indah itu memerlukan waktu yang cukup lama karena besarnya taman ini dan diperlukan temperatur yang sesuai, dikerjakan oleh ribuan petani yang turut berpatisipasi. Keukenhof buka hanya saat musim semi saja, selanjutnya tutup. Saat taman ini tutup, disitulah petani mulai bekerja keras kembali beberapa bulan. Mulai dari pencabutan seluruh bunga, membibitkan ulang 'bulbs flower' dan di ekspor ke berbagai negara, hingga penanaman kembali sebelum musim semi tiba. Hingga kini, Belanda mampu menjadi negara eksportir bunga terbesar di dunia.


Keukenhof juga bisa kita nikmati dari kejauhan. Misalnya, saat kita mengendarai mobil/bus untuk mengunjungi suatu tempat atau kota lain, dari kejuahan kita dapat melihat hamparan bunga yang indah dan luas tersebut. Jika Anda naik kereta dari Amsterdam menuju Den Helder, anda akan melintasi wilayah pertumbuhan tulip di bagian utara provinsi. Kemanapun anda melihat, ladang-ladang akan tampak berbeda dan tentu saja sangat indah berwarna-warni.

3 comments:

 

Back to Nature Template by Ipietoon Cute Blog Design