Saturday, June 4, 2016

Karst Rammang Rammang

Obyek wisata Rammang-Rammang berada di Gugusan Pegunungan Kapur (Karst) Maros, Pangkep, tepatnya berada di desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Obyek wisata ini merupakan objek wisata alam dan sangat mudah dijangkau karena hanya beberapa meter dari jalan raya lintas provinsi. Berjarak sekitar 40 km arah utara Kota Makassar, dan bisa ditempuh melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Makassar.
Kawasan Karst ini memiliki luas sekitar 45.000 hektar dimana 20.000 hektar di antaranya masuk dalam kawasan taman nasional Bantimurung, Maros. Kawasan karst ini termasuk kawasan karst terbesar kedua di dunia setelah kawasan Karst di Yunnan, Tiongkok Selatan. Pada tahun 2001, UNESCO memasukkan kawasan karst Maros-Pangkep sebagai kawasan cagar alam yang telah memenuhi 9 syarat termasuk keragaman hayati yang unik dan juga sisa peninggalan manusia purba di beberapa dinding gua.





Indahnya panorama pebukitan karst dengan warna batuan dominan hitam diantara aliran sungai dan hamparan persawahan tersebut, ditambah bentuknya unik, bak pahatan alam dengan tinggi yang bervariasi mulai dari beberapa centimeter sampai puluhan meter itu, yang membuat pemandangan sungguh luar biasa menakjubkan.








0 comments:

Post a Comment

 

Back to Nature Template by Ipietoon Cute Blog Design